Wednesday, August 2, 2023

Tips Mengoptimalkan Kualitas Air Kolam, Pastikan Sehat dan Bersih

 

Sumber: Freepik.com

Kolam merupakan salah satu tempat yang di dalamnya terdapat beberapa kegiatan penting untuk kesehatan. Kegiatan yang sangat erat kaitannya dengan kolam adalah sebagai media budidaya ikan. Oleh karena itu, penting bagi pelaku budidaya untuk memastikan air yang terdapat dalam kolam memiliki kualitas yang baik. Dengan begitu akan meminimalisir penyebaran bakteri yang akan berdampak negatif pada kesehatan kulit (sisik), mata dan sistem pernapasan pada ikan.

Selain itu bakteri, virus, dan parasit dapat berkembang biak dalam air yang tidak terjaga dengan baik. Kita dapat mengoptimalkan kualitas air kolam dengan bahan kimia sesuai standar dalam batas tertentu untuk membantu membunuh kuman penyebab penyakit dan mencegah penyebaran penyakit di kolam.

Tips Mengoptimalkan Kualitas Air Kolam secara Efektif

Untuk melakukan perawatan terhadap air kolam, anda dapat menerapkan beberapa tips berikut.
  • Melakukan Proses Filtrasi Kolam
Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah dengan memastikan sistem filtrasi kolam berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kapasitas kolam. Sistem tersebut memiliki fungsi untuk menyaring partikel-partikel kotoran dan kotoran organik dari air kolam. Saran ini perlu anda terapkan, yaitu dengan mengganti media filter secara teratur dan melakukan pembersihan filter secara berkala agar efektivitasnya tetap optimal.

  • Menggunakan Bahan Kimia yang Sesuai
Anda dapat menggunakan bahan kimia yang aman unuk menjaga kebersihan dan kehigienisan air kolam. Lakukan pengukuran pH secara berkala untuk memastikan keseimbangan pH air kolam tetap di kisaran yang tepat (biasanya antara 7,2 hingga 7,6). Selain itu, juga penting untuk menjaga tingkat bahan kimia pada level yang aman dan efektif untuk membunuh bakteri dan alga yang akan berdampak buruk dan menurunkan tingkat keoptimalan air kolam.

  • Mencegah Pertumbuhan Alga
Alga merupakan salah satu koloni hidup yang dapat berkembang biak dengan cepat jika tidak dicegah. Anda dapat menggunakan algaecide untuk mencegah pertumbuhan alga di air kolam. Selain itu, pastikan kolam terhindar dari cahaya matahari berlebihan, karena cahaya matahari berperan dalam pertumbuhan alga.

  • Menjaga Sirkulasi Air
Memastikan air dalam kolam beredar dengan baik merupakan hal yang tak kalah penting. Sirkulasi air membantu mendistribusikan bahan kimia secara merata di seluruh kolam dan memastikan bahwa air diisi dengan oksigen. Hal ini tentunya akan meningkatkan keoptimalan kualitas air kolam.

  • Melakukan Pemeriksaan Kualitas Air secara Berkala
Melakukan pengujian kualitas air secara rutin menggunakan alat pengukur pH dan perangkat pengujian lainnya untuk memantau tingkat unsur kimia, pH, dan sebagainya. Pengujian rutin membantu Anda mendeteksi masalah sejak dini dan mengambil tindakan perbaikan sesuai dengan indikasi yang ada.

Kesimpulan

Melakukan proses pengukuran terhadap pH air kolam memerlukan perangkat yang memiliki keandalan. Anda tidak perlu khawatir, karena CV. Java Multi Mandiri menyediakan beberapa katalog dengan harga alat pengukur pH air berkualitas baik dan telah dipercaya di tingkat nasional maupun internasional. Segera kunjungi katalog kami dan dapatkan promo menarik lainnya.



0 comments:

Post a Comment