Wednesday, December 18, 2019

Perbedaan Infeksi Bakteri dan Virus

Perbedaan Infeksi Bakteri dan Virus - Infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus sama - sama disebabkan oleh mikroba. Bila infeksi bakteri disebabkan karena maka infeksi virus tentunya karena virus. Namun kadang kedua infeksi tersebut menyebabkan efek yang sama pada seseorang seperti batuk - batuk, demam, radang, hidung berair, muntah, diare dan lemas.
Perbedaan Infeksi Bakteri dan Virus

Namun tetap saja baik bakteri maupun virus adalah dua jenis mikroba yang berbeda sehingga cara pengobatan keduanya juga berbeda. Lantas apa yang membedakan dari infeksi virus dan infeksi bakteri? Untuk lebih jelasnya, pertama - tama kita akan membahas lebih dulu perbedaan bakteri dan virus itu sendiri.

Bakteri adalah mikroba yang masuk ke dalam keluarga Prokaryotes dengan dinding sel tipis namun keras yang dilengkapi membran seperti karet yang melindungi cairan di dalam sel tersebut. Bakteri juga dapat berkembang biak dengan cara membelah diri. Bahkan bakteri juga diketahui sudah ada sejak 3,5 miliar tahun yang lalu berdasarkan penelitian tentang fosil - fosil.

Pada kondisi lingkungan ekstrim seperti lingkungan yang sangat panas atau sangat dingin bakteri masih dapat bertahan hidup. Bahkan pada lingkungan yang mengandung radioaktif hingga di dalam tubuh manusia juga dapat digunakan bakteri untuk tempat hidupnya.

Sebenarnya sebagian besar bakteri itu tidak menyebabkan penyakit, hanya sekitar kurang dari 1% yang dapat menyebabkan penyakit. Kebanyakan bakteri justru bermanfaat seperti halnya membantu dalam proses pencernaan makanan, melawan mikroba lain yang menyebabkan penyakit, melawan sel kanker hingga sebagai penyedia nutrisi yang bermanfaat.

Perbedaan Infeksi Bakteri dan Virus

Infeksi bakteri sendiri dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti halnya :
  • difteri
  • tuberkulosis
  • sakit tenggorokan
  • infeksi saluran kencing
  • dan lain-lain
Berbeda dengan bakteri, virus sendiri merupakan mikroba yang tidak bisa hidup tanpa menempel pada inangnya dan hanya dapat berkembang biak bila menempel dengan makhluk hidup lain. Virus mempunyai materi genetik seperti RNA atau DNA, namun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dengan bakteri.

Setelah menempel pada suatu sel, virus akan mulai mengambil alih sel tersebut dan kemudian akan mengembang biakkan virus lainnya hingga sel tersebut mati. Pada beberapa kasus, virus juga dapat mengubah suatu sel menjadi sel yang berbahaya bagi makhluk hidup yang dijangkitnya.

Berbeda pula dengan bakteri dimana sebagian besar virus adalah berbahaya untuk makhluk hidup yang dijangkitnya. Virus juga hanya menyerang sel tertentu secara spesifik sehingga dapat dikatakan sebagai pemilih, sebagai contohnya virus - virus tertentu yang menyerang sel pada pankreas, sistem pernapasan dan darah. Pada kasus yang lebih spesifik lagi virus juga menyerang bakteri.

Penyakit - penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus adalah :
  • flu
  • polio
  • AIDS
  • cacar air
  • dan lain-lain
Beda Gejala Infeksi

Untuk memastikan penyakit yang Anda alami adalah disebabkan infeksi bakteri atau virus Anda perlu mengkonsultasikannya dengan dokter. Disini dokter akan menanyakan keluhan yang Anda rasakan, melihat riwayat kesehatan dan memeriksa tanda - tanda fisik untuk memastikannya.

Infeksi karena bakteri akan menimbulkan tanda - tanda seperti halnya :
  1. demam
  2. sesak nafas
  3. hidung berlendir
  4. terkadang batuk-batuk
  5. sakit tenggorokan
  6. sakit di telinga
Sedangkan infeksi virus akan menimbulkan tanda - tanda sebagai berikut :
  1. hidung berair
  2. terkadang mimisan
  3. terkadang demam
  4. batuk - batuk
  5. sakit tenggorokan (namun jarang terjadi)
  6. susah tidur
Tanda - tanda yang disebabkan infeksi virus biasanya sebentar namun akut, berbeda dengan infeksi bakteri yang tandanya biasanya terjadi selama 10 - 14 hari secara kontinyu atau terus - menerus. Untuk mengkonfirmasi diagnosis yang didapatkan biasanya dokter juga akan meminta tes darah dari pasiennya. Selain itu dokter juga dapat melakukan tes kultur untuk mengidentifikasi tipe bakteri atau virus yang menginfeksi seseorang.

0 comments:

Post a Comment