Thursday, April 16, 2020

Uji Korosi pada Struktur Baja

Uji Korosi pada Struktur Baja - Korosi merupakan proses kerusakan pada sifat material logam yang disebabkan karena reaksi elekrokimia karena interaksi logam dengan lingkungan. Pada elemen struktur umumnya korosi ini tidak dapat dicegah sepenuhnya, karena sangat sulit dan tentunya mahal untuk dapat memproteksi secara keseluruhan dan permanen suatu elemen struktur dari serangan korosi.

Uji Korosi pada Struktur Baja

Akan tetapi usaha untuk mencegah, mengendalikan dan memantau tingkat korosi pada elemen struktur tetap dibutuhkan untuk menghindarkan terjadinya kegagalan struktur karena proses korosi yang terjadi pada rangka struktur bangunan.

Perencanaan proteksi atau pengendalian korosi dilakukan dengan cara memberikan proteksi kepada komponen struktur yang akan membuatnya terlindung dari korosi dalam rentang waktu tertentu. Selain itu juga harus dilakukan dengan cara memperbaharuinya secara berkala selama umur rencana struktur.

Uji Korosi pada Struktur Baja

Perencanaan pengendalian korosi bertujuan mengatur laju korosi dan dengan metode tertentu akan membuat laju korosi dapat dikendalikan dan tetap dalam batas wajar yang dapat ditahan konstruksi struktur bangunan. Dengan ini juga dapat membuat kita memprediksikan umur dari struktur bangunan tersebut untuk dilakukan penggantian secara berkala.

Upaya pemantauan korosi dan uji korosi bertujuan untuk memantau tingkat korosi agar tidak melebihi batas yang diijinkan yang dapat mengakibatkan kegagalan struktur akibat penurunan kapasitasnya. salah satu kegagalan dalam aspek pengendalian korosi adalah pengendalian korosi ini dapat menyebabkan struktur mengalami kegagalan dini struktur.

Pengendalian Korosi

Perlindungan atau pengendalian korosi sendiri dapat dikelompokkan menjadi empat golongan besar yaitu :
  • Mengganti jenis logam dan desain
  • Mengganti media korosif
  • Mengubah potensial (tegangan)
  • Melapisi permukaannya

Cara pengendalian diatas bertujuan untuk menghambat laju korosi sehingga diharapkan umur logamnya menjadi lebih lama, penghematan pemakaian bahan. Hal ini tentu akan berhubungan langsung dengan penurunan biaya untuk pemeliharaan struktur bangunan yang berkaitan dengan korosi.

Pemantauan Korosi pada struktur Baja

Pemantauan korosi yang terjadi pada struktur baja dilakukan untuk memastikan bahwa korosi yang terjadi tidak membahayakan struktur atau mengakibatkan kegagalan struktur. Untuk mengetahui prosentase korosi yang terjadi dapat dilakukan uji korosi dengan mengukur ketebalan profil baja yang belum terkorosi, dengan ultrasonic testing.

Ultrasonic Testing (UT) adalah pengujian yang memakai gelombang suara frekuensi tinggi antara 0,5 hingga 15 MHz dalam pemeriksaan dan melakukan pengukuran. Metode ini diterapkan dalam alat seperti halnya thickness meter, selain itu penggunaannya juga luas dalam aplikasi teknik seperti deteksi dan evaluasi cacat, pengukuran dimensi, karakterisasi material, dan lain - lain.

Secara umum, pengujian ultrasonik didasarkan pada penangkapan dan kuantifikasi gelombang pantul (pulse-echo) atau gelombang yang ditransmisikan (melalui transmisi). Masing - masing dari kedua jenis ini digunakan pada pengaplikasian tertentu. Akan tetapi pada umumnya, sistem pulse echo lebih useful karena hanya memerlukan akses dari satu sisi ke objek yang diperiksa.

Prinsip dasar Pengujian Ultrasonic

Sistem inspeksi UT pulse - echo terdiri dari beberapa komponen alat, seperti pulser atau receiver, transducer dan perangkat display. Analisis struktur dilakukan dengan penampang profil yang terukur untuk mengetahui apakah rasio tegangan pada struktur masih memenuhi syarat yang diijinkan.

Jika tidak memenuhi maka dilakukan perhitungan atau treatment tertentu untuk mengembalikan kapasitasnya. Jika penurunan kapasitasnya masih dalam batas yang diijinkan, selanjutnya dilakukan perhitungan dimensi minimum profil elemen struktur yang ditinjau yang menghasilkan rasio tegangan yang masih diijinkan.

Dari dimensi minimum ini dan dari perkiraan laju korosi akan dapat juga diperkirakan sisa masa layan struktur.

0 comments:

Post a Comment