Wednesday, July 12, 2023

Cara Mendeteksi Keretakan pada Material Logam


Sumber: Freepik.com

Pentingnya Mengukur Keretakan pada Logam - Logam merupakan material yang paling banyak digunakan dalam industri rumah tangga. Material tersebut paling banyak digunakan untuk produksi barang elektronik seperti televisi, material bangunan, serta bahan baku transportasi. Pengujian terhadap material logam sangatlah penting agar efektivitas pembuatan barang berbahan baku logam dapat menghasilkan kualitas produk yang baik.


Bayangkan saja jika pengukuran terhadap material logam tidak dilakukan dengan baik. Hal ini akan memberikan pengaruh terhadap barang elektronik atau material transportasi yang kita gunakan. Dalam beberapa kasus mungkin pengukuran yang tidak berlangsung dengan baik terhadap material logam dalam transportasi umum seperti kereta atau bus bisa mengakibatkan ketidaknyamanan penggunanya bahkan menyebabkan kecelakaan.


Hal serupa lainnya perlu kita hindari dengan cara mendeteksi kerusakan pada logam sejak dini mungkin agar dapat melakukan tindakan lebih lanjut agar resiko kerusakannya tidak semakin parah. Untuk itu perlu bagi teknisi maupun produsen barang yang menggunakan material logam memiliki pengetahuan tentang cara kerja alat pendeteksi keretakan logam. Dengan pengetahuan tersebut akan meminimalisir resiko kesalahan terhadap penggunaan alat pendeteksi keretakan logam.


Sumber: Amtast.id

Metode Pendeteksian Keretakan terhadap Material Logam

Melakukan pengujian terhadap logam sebenarnya ada tiga metode yaitu metode Destructive Test (DT), Non Destructive Test (NDT), dan Metallography. Namun dalam menguji tingkat keretakan terhadap logam, metode yang sesuai adalah dengan Destructive Test (DT). Metode tersebut bekerja dengan cara menekan material logam pada alat pendeteksi keretakan logam. Selain dengan menekan, alat tersebut juga menguji kualitas logam dengan cara menarik dan melengkungkannya. Tekanan dan aktivitas lainnya sampai menghancurkan logam tersebut kemudian layar indikator akan memberikan informasi terkait.


Penggunaan jenis alat juga harus diperhatikan. Apabila Anda ingin hasil yang lebih maksimal dan efisien, maka menggunakan alat pendeteksi keretakan berbasis ultrasonik adalah solusi terbaik. Hal ini karena gelombang ultrasonik pada alat pendeteksi keretakan memberikan kinerja yang optimal. Gelombang tersebut dikirimkan ke material logam yang akan diuji kemudian sinar gelombang dipantulkan. Pantulan tersebut diproses kemudian dianalisis oleh sistem dan akan memberikan indikasi di layar indikator yang mudah untuk dibaca.


Anda tidak perlu khawatir mengenai berbagai alat penguji yang beredar. Brand ukurdanuji telah merilis beberapa kategori alat pendeteksi keretakan pada logam. Salah satunya adalah Flaw Detector MFD620C. Sebagai brand yang sudah dipercaya sudah cukup lama dalam tingkat nasional maupun internasional maka sudah tidak diragukan lagi. Oleh karena itu, segera kunjungi dan dapatkan alat tersebut di website kami!




0 comments:

Post a Comment