Wednesday, July 12, 2023

Memahami Perbedaan PH Air dan PH Tanah


Sumber: Freepik

Memahami Perbedaan PH Air dan PH Tanah - Dalam beberapa sektor industri, pengetahuan tentang pH air ataupun tanah sangatlah penting. Kedua unsur tersebut memberikan peranan yang besar dalam produktivitas industri. Kualitas air yang baik akan memberikan pengaruh positif terhadap industri pengolahan makanan maupun tanaman hidroponik. Disamping itu, kualitas tanah juga memberikan pengaruh terhadap kualitas produktivitas di bidang pertanian atau perkebunan. Berikut adalah beberapa hal yang membedakan pH air dengan pH tanah.


  • Pengukuran pH air dalam sektor industri memberikan pengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Kualitas produk yang baik akan memberikan kenyamanan serta menambah kepercayaan konsumen yang menggunakan produk tersebut. Selain itu, kualitas pH air juga akan berpengaruh terhadap keamanan para pekerja agar tidak terpapar resiko akibat kualitas air yang buruk. Lingkungan juga semakin terkendali jika kualitas air dapat dikelola secara benar.


  • Berbeda dengan pH air, pengukuran pH tanah akan berpengaruh terhadap kondisi tanaman yang baik. Hal ini karena pH pada tanah memberikan pengaruh terhadap perkembangan mikroorganisme yang berpengaruh positif terhadap kualitas pertumbuhan tanaman di industri pertanian.


  • Dalam skala pengukuran, kedua unsur antara air dan tanah memiliki perbedaan. Pada umumnya, sifat keasaman dan kebasaan suatu pH air berkisar dalam skala 0 hingga 14. Pada skala 7 maka air menunjukkan sifat netralnya. Hal ini sangat berbeda dengan skala pengukuran pH pada tanah. Umumnya pH tanah memiliki rentang ukuran antara 4 hingga 9. Namun dalam beberapa kasus, pengukuran tanah akan memberikan hasil yang berbeda dari setiap jenis tanah.


  • Mengenai cara pengukuran terhadap pH air maupun tanah keduanya memiliki perbedaan. untuk mengukur kualitas pH air caranya adalah langsung mengarahkan perangkat ukur ke air yang akan diuji kualitasnya. Sedangkan pada tanah, penguji perlu melakukan pelarutan tanah terlebih dahulu sebelum diukur dalam perangkat ukur. Setelah itu kita akan menerima hasil indikasi ketika pengukuran selesai dilakukan.


Sumber: Hannainst.id


Perbedaan Alat Pengukur PH Air dan PH Tanah

Beberapa hal yang membedakan antara pH air dengan tanah sedikit memberikan gambaran bahwa alat pengukur pH air dengan pH tanah pasti berbeda. Hal ini karena skala pengukuran, metode, serta kegunaan dari pH air dan tanah memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut ini adalah perbedaannya.


Setiap alat pengukur pH tentunya memiliki fitur elektroda. Eletroda pada alat pengukur pH air maupun tanah dirancang sesuai dengan jenisnya masing-masing. Hal ini karena elektoda akan beradaptasi sesuai dengan lingkungan yang akan diuji kualitas pH air maupun tanah. Elektroda pada alat pengukur pH air dibuat dari material kaca untuk menghasilkan tegangan yang sesuai sedangkan elektroda pada alat pengukur pH tanah terbuat dari material khusus agar mampu mendeteksi larutan tanah sesuai dengan standar yang ada.


Untuk mengetahui lebih detail mengenai alat pengukur pH air dan juga tanah, Anda dapat melihat beberapa katalog yang tersedia di website ukurdanuji. Ukurdanuji merupakan brand alat ukur yang dikelola dan dikembangkan oleh CV.Java Multi Mandiri yang merupakan penyedia jasa dan alat ukur untuk setiap kebutuhan industri yang Anda miliki. Segera dapatkan perangkat ukur sesuai kebutuhan anda disini!

0 comments:

Post a Comment