Wednesday, November 13, 2019

Cara Meracik Obat Puyer

Cara Meracik Obat Puyer - Apakah Anda pernah mendengar tentang obat puyer, mungkin Anda juga pernah mengkonsumsinya. Obat puyer sebenarnya sama halnya dengan obat pada umumnya, namun obat puyer sudah dalam bentuk dihaluskan atau dihancurkan. Biasanya anak - anak yang sulit menelan obat akan diberikan jenis obat puyer untuk memudahkan mengkonsumsinya.

Cara Meracik Obat Puyer

Jenis obat puyer banyak digunakan untuk anak - anak atau balita karena lebih mudah diminum dan diserap oleh anak atau balita. Obat yang sudah dihancurkan dalam bentuk bubuk tentu akan lebih mudah larut dan diserap tubuh dibandingkan obat yang masih dalam bentuk tablet. Hal ini juga akan memudahkan para orang tua untuk memberikan obat pada anaknya, terlebih lagi bila obat yang harus diberikan dalam jumlah banyak.

Akan tetapi hal yang harus diperhatikan disini adalah obat puyer yang diberikan haruslah dalam dosis yang sesuai. Obat puyer haruslah menggunakan dosis yang sesuai dengan resep dokter dan menggunakan tempat penggilingan yang higienis. Dengan tempat penggilingan yang higienis tentunya obat tidak akan tercampur dengan zat - zat lainnya.

Pastikan takaran obat memang sesuai dengan resep dokter, biasanya apoteker akan menakar obat yang sudah dihancurkan dengan menimbangnya menggunakan timbangan digital atau digital balance khusus. Timbangan ini mempunyai tingkat akurasi yang sangat akurat sehingga dosis obat memang benar - benar sesuai. Seiring perkembangan zaman, kini sudah tersedia alat khusus untuk menghancurkan obat.

Bagaimana Cara Membuat Puyer?

Ada 2 jenis alat yang digunakan untuk membuat obat puyer yaitu blender obat dan alat penumbuk obat atau mortar. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara meracik obat puyer yang baik dan benar :

Cara Meracik Obat Puyer

1. Penggunaan blender obat yang digunakan untuk menghaluskan dan menghancurkan obat yang akan diracik kemudian obat yang telah dihancurkan akan dikemas dalam bentuk puyer dengan alat press. Dibandingkan dengan alat tumbuk jenis mortar, penggunaan blender ini tentunya akan lebih higienis sehingga aman.

2. Alat penumbuk obat mortar yang digunakan untuk menumbuk dan menggerus obat yang dijadikan puyer. Alat penumbuk berbentuk seperti mangkok dengan ukuran kecil berwarna putih yang terbuat dari porselen. Alat racikan obat mortar ini juga sangat mudah digunakan dan dibersihkan dari sisa - sisa obat yang dihancurkan.

1 comment: