Tuesday, April 23, 2019

Bangunan Lepas Pantai

Bangunan lepas pantai - Bangunan merupakan hasil dari proses konstruksi yang digunakan untuk keperluan tertentu. Setiap bangunan tentu mempunyai fungsinya masing - masing, yang terpenting disini adalah bangunan tersebut harus memberikan rasa aman bagi pemakainya.

Bangunan Lepas Pantai

Dari berbagai jenis bangunan mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar bangunan lepas pantai. Bangunan ini memang dibuat jauh dari garis pantai yang biasanya difungsikan untuk keperluan kilang minyak bumi maupun gas alam.

Bangunan lepas pantai juga sering disebut dengan anjungan lepas pantai, Bangunan ini merupakan infrastruktur yang berada di tengah laut dan tidak terhubung ke daratan. Seperti yang telah dijelaskan bahwa bangunan lepas pantai berfungsi untuk menambang sumber daya mineral seperti minyak, gas, batu bara dan lain sebagainya.

Jadi dapat dikatakan bahwa bangunan lepas pantai dapat berfungsi sebagai penghasil energi terbarukan. Namun kita jangan berfikiran bahwa bangunan lepas pantai sama halnya dengan bangunan yang ada di daratan. Bangunan lepas pantai tentu mengalami banyak sekali tantangan.

Tentu logam yang digunakan harus memenuhi persyaratan yang tinggi, seperti halnya tingkat kekerasan yang baik. Tingkat kekerasan ini dapat diuji menggunakan alat uji NDT, selain itu masalah korosif juga menjadi perhatian utama dalam membuat bangunan lepas pantai.

Berikut adalah beberapa contoh bangunan atau anjungan lepas pantai :

Jacket Structure

Jacket merupakan jenis bangunan lepas pantai yang dikembangkan di perairan dangkal hingga sedang kedalamannya. Platform jacket berupa anjungan yang tertancap pada dasar laut dengan tiang pancang sebagai pondasinya yang harus memenuhi syarat agar jenis bangunan ini berdiri.

Tension Leg Platform

Tension Leg Platform atau TLP merupakan bangunan lepas pantai yang terapung yang proses pembuatannya di darat, namun diaplikasikan di laut. Hal ini dilakukan karena pembangunan yang dilakukan di laut akan lebih mahal. TLP dibuat mengapung karena laut yang terlalu dalam sehingga menggunakan tegangan tali. Hal ini agar platform tidak dipengaruhi gaya eksternal yang dapat menyebabkan perubahan posisi.

Jack Up Rig

Jack Up Rig merupakan platform yang berguna sebagai pengeksplor laut untuk pengeboran. Oleh karena itu Jack Up Rig merupakan struktur yang dapat bergerak untuk menemukan sumber mineral baru, setelah menemukan dan mengebor sumber mineral maka Jack Up Rig akan pergi mengeksplor kembali dan tempat yang sudah di bor akan digantikan oleh fixed platform seperti TLP dll.

0 comments:

Post a Comment